Rabu, 24 Juli 2013

Siaga Lebaran, PMI latih PP Sibat

Menghadapi pengamanan arus mudik lebaran Idul fitri 1434 H / 2013, Palang Merah Indonesia Kabupaten Tegal menggelar pelatihan pertolongan pertama (PP) bagi anggota Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) dibeberapa wilayah diantaranya Sibat Bumijawa, Sigedong, Kedungkelor, Kaligayam dan Danasari.

Untuk sibat Bumijawa dan sigedong dilaksanakan pada tanggal 17-18 Juli 2013, Kedungkelor 17-18 Juli 2013, sedang Kaligayam dan Danasari pada akhir juli mendatang.

Ketua PMI Kabupaten Tegal, melalui Ketua Bidang kesiapsiagaan, dr Bimo Bayuadji mengatakan, pelatihan Pertolongan Pertama dimaksudkan untuk membekali anggota Sibat tentang pengetahuan dasar dalam pertolongan pertama. “Dengan bekal pengetahuan Pertolongan pertama, para relawan Sibat diharapkan nantinya siap diterjunkan dalam Pengamanan Lebaran 2013,”terangnya.

Bimo menambahkan, terkait pelaksanaan Pengamanan Arus mudik lebaran, akan dilaksanakan pada H - 5 Lebaran yakni mulai tanggal 3 - 7 Agustus 2013 dan H + Lebaran yakni pada 9 - 13 Agustus mendatang.

Tim akan disiagakann di beberap titik rawan kecelakaan, diantaranya di jalur pantura, terminal slawi, jalur selatan (klonengan) dan di tempat keramaian OW. Guci dan Purin.
Agar tujuan pelatihan sesuai yang diharapkan, selama pelatihan pertolonagn pertama, sibat dibekali materi baik teori maupun praktek. “Materi yang diberikan antara lain Dasar – Dasar Pertolongan Pertama, Penilaian Penderita, Perdarahan dan Syock, Cedera Jaringan Lunak, Cedera Sistem Otot rangka, Luka bakar, Pemindahan Penderita atau Evakuasi dan simulasi,”jelas Rochadi, Pelatih PMI.

Sumber: www.pmi.or.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar